adv

Kamis, 23 Mei 2019

Alternatif Lain selain Virtual Environment yaitu pipenv

Pipenv adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengatur ketergantungan pustaka per proyek. Proyek yang dimaksud adalah program atau software yang sedang kita buat. Pustaka adalah sekumpulan function atau prosedur atau sub rutin yang dijadikan satu topik proses, misal, pustaka Request, memiliki prosedur – prosedur yang berhubungan dengan proses HTTP Request. Ketergantungan pustaka adalah ketergantungan sebuah software pada pustaka tertentu. Atau dengan kata lain software memerlukan prosedur – prosedur yang dimiliki oleh pustaka tersebut.

Memiliki tujuan yang sama dengan virtual environment, namun pipenv memiliki alur yang lebih sederhana. pertama install dulu pipenv
pip install --user pipenv
ada tambahan opsi –user pada perintah di atas. Opsi tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kekacauan pada python yang terintegrasi dengan sistem operasi. Opsi tersebut hanya menginstall pipenv untuk user yang sedang masuk sesi (untuk user yang sedang login saat itu).
Setelah selesai menginstall pipenv. Selanjutnya masuk ke folder tempat proyek anda dikerjakan. misal folder bernama my_project. Dan anda membutuhkan pustaka Requests.
cd my_project
pipenv install requests
pipenv akan menginstall pustaka Requests dan membuat sebuah file Pipfile di dalam folder proyek anda. pipfile berfungsi untuk melacak ketergantungan pustaka pustaka yang diperlukan dalam proyek anda.
Anda bisa menjalankan proyek anda tanpa harus mengaktifkan virtualenv. Untuk menjalankan proyek anda bersama pustaka tersebut, ketik
pipenv run python contohproyek.py
untuk mengaktifkan virtualenv proyek tersebut, masuk dulu ke dalam folder proyek, kemudian ketik
pipenv shell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar