[Programming] Membuat Splash Screen Pada Android –
pada tutorial kali ini saya akan contohkan bagaimana caranya membuat
splash screen pada program android kita. Sebelum membahas codenya, saya
jelaskan terlebih dahulu splashscreen itu apa. Splash screen adalah
tampilan pertama program sebelum masuk ke menu utama atau tampilan
utama. Contohnya jika anda membuka Adobe Photoshop maka sebelum anda
dihadapkan dengan tampilan utama photoshop maka anda akan melihat
splashscreen terlebih dahulu.
Untuk pembuatan splashscreen ini, saya menggunakan 2 buah file class,
dan 2 buah file xml. Pertama buat New Project android, kemudian anda
buat class baru lagi bernama SplashActivity.java, sehingga anda akan
mendapatkan dua buah class, yang pertama MainActivity.java dan
Splash.java.
Berikut ini isi dari file SplashActivity.java
01 | package id.jay.emrs.tutSplash; |
03 | import android.app.Activity; |
04 | import android.content.Intent; |
05 | import android.os.Bundle; |
07 | public class SplashActivity extends Activity { |
10 | protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { |
12 | super .onCreate(savedInstanceState); |
13 | setContentView(R.layout.splash); |
15 | Thread timer = new Thread() { |
20 | } catch (InterruptedException e) { |
25 | Intent i = new Intent(SplashActivity. this ,MainActivity. class ); |
dan untuk file MainActivitynya saya tidak melakukan perubahan apapun
01 | package id.jay.emrs.tutSplash; |
03 | import android.app.Activity; |
04 | import android.os.Bundle; |
06 | public class MainActivity extends Activity { |
07 | /** Called when the activity is first created. */ |
09 | public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { |
10 | super .onCreate(savedInstanceState); |
11 | setContentView(R.layout.main); |
Selain itu saya juga membubuhkan file gambar/icon pada file
splash.xml yang nantinya akan saya jadikan splashscreen, anda dapat
menggunakan icon apapun untuk ditampilkan, kemudian pada folder res,
buat sebuah folder baru bernama drawable, sehingga susunannya adalah
/res/drawable.
tutorial splashscreen android
dan berikut ini file splash.xml nya
01 | <? xml version = "1.0" encoding = "utf-8" ?> |
02 | < LinearLayout xmlns:android = "http://schemas.android.com/apk/res/android" |
03 | android:layout_width = "match_parent" |
04 | android:layout_height = "match_parent" |
05 | android:gravity = "center" |
06 | android:orientation = "vertical" > |
08 | android:id = "@+id/imageView1" |
09 | android:layout_width = "wrap_content" |
10 | android:layout_height = "wrap_content" |
11 | android:src = "@drawable/android" /> |
pada file xml tersebut saya menggunakan imageview untuk menampilkan
gambar yang saya simpan di folder drawable tadi, untuk memanggil gambar
yang ada di folder drawable tadi, kita dapat menggunakan code
1 | android:src="@drawable/android" |
Nah setelah selesai dengan file xml yang paling penting adalah jangan
lupa melakukan perubah pada file AndroidManifest.xml nya, dikarenakan
kita memiliki dua buah file activity maka kita harus mengset mana dulu
activity yang akan dijalankan. Dalam kasus ini splash activitylah yang
harus dijalankan pertama kali.
Berikut ini tampilan file manifestnya
01 | <? xml version = "1.0" encoding = "utf-8" ?> |
02 | < manifest xmlns:android = "http://schemas.android.com/apk/res/android" |
03 | package = "id.jay.emrs.tutSplash" |
04 | android:versionCode = "1" |
05 | android:versionName = "1.0" > |
06 | < uses-sdk android:minSdkVersion = "8" /> |
08 | android:icon = "@drawable/ic_launcher" |
09 | android:label = "@string/app_name" > |
11 | android:name = ".SplashActivity" |
12 | android:label = "@string/app_name" > |
14 | < action android:name = "android.intent.action.MAIN" /> |
15 | < category android:name = "android.intent.category.LAUNCHER" /> |
18 | < activity android:name = ".MainActivity" android:label = "@string/app_name" > |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar