adv

Selasa, 22 Mei 2012

[Qimo] Linux untuk Anak

Qimo adalah sistem operasi desktop yang dirancang untuk anak-anak. Berdasarkan desktop open source Ubuntu Linux, Qimo datang pra-instal dengan permainan pendidikan untuk anak usia 3 dan up. Qimo's antarmuka telah dirancang untuk menjadi intuitif dan mudah digunakan, memberikan ikon besar untuk semua game diinstal, sehingga bahkan pengguna muda tidak mengalami kesulitan memilih aktivitas yang mereka inginkan.

Bagi orang tua yang memiliki anak berusia 4 hingga 12 tahun, ingin memperkenalkan komputer sejak dini tapi bingung harus memulai dari mana, dunia open source punya solusi yang bagus.Qimo, sebuah distro Linux baru meluncurkan versi ’stable’ pertama mereka pada bulan Februari 2009.
Selamat datang di QIMO Linux
Qimo berbasis Linux Ubuntu dan pada saat saya menulis artikel ini, versi 2.0 baru saja diluncurkan mengadopsi Ubuntu Lucid Lynx. Mengacu pada varian Xubuntu, Qimo menggunakan Xfce Desktop Environment, ringan dan tetap mengedepankan tampilan yang manis.

Pengurangan
Sistem operasi ini sangat minimalis, tak ada aplikasi bawaan yang berat dan canggih seperti pada distro ‘office’ yang lain. Hanya tool-tool standar seperti browser, pemutar musik dan video serta aplikasi penjelajah gambar sederhana bernama Ristretto. Semua serba ringan dan sederhana. Tak ada aplikasi word editor apalagi spreadsheet. Tak ada pula editor images canggih seperti Gimp. Betul-betul simpel.
TuxMath, Belajar berhitung
Penambahan
Setelah dipangkas habis-habisan di satu sisi, di sisi lain Qimo menawarkan paket edukasi dan hiburan yang menurut saya sudah lebih dari cukup untuk keperluan pendidikan anak pada masa-masa awal sekolah.
Aplikasi Elektronika sederhana
Dimulai dari TuxMath, aplikasi sederhana yang memungkinkan anak mengenal angka sekaligus berhitung. Ada juga TuxType, aplikasi bantu mengenal huruf alfabet dan merangkainya menjadi kata-kata. Tentu saja semuanya dikemas kedalam aplikasi-aplikasi grafis sarat animasi dan game menarik.
Oh ya, saya benar-benar tertarik dengan sebuah aplikasi di OS muda ini, bernama Laby. Jadi lewat program sederhana ini, pengguna diajarkan algoritma sederhana lewat bahasa pemrograman Python atau C. Akan disajikan aplikasi berupa tampilan robot semut yang harus keluar dari labirin. Nah untuk menunjukkan kemana arah semut harus berbelok, pengguna harus memasukkan nilai-nilai kedalam template bahasa pemrograman yang disediakan. Keren ya ?

Laby
Mudah dan gratis
Tentu saja semua hal diatas bisa diperoleh dengan benar-benar gratis. Instalasinya pun mudah. Sedikit lebih mudah daripada menginstall Ubuntu. Resource komputer pun tak perlu terlalu tinggi. Saya menjalankan Qimo di VirtualBox dengan 7Gb harddisk dan 512 RAM. Semua berjalan dengan baik dan lancar.
 
lebih jelasnya lagi silahkan ke http://www.qimo4kids.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar