adv

Kamis, 24 Mei 2012

Webmin di Slackware

Webmin merupakan salah satu tool berbasis Web yg dapat digunakan untuk administrasi system Linux, mulai dari system, Server, Networking, Paket, dll.
Untuk dapat menginstall Webmin, di sistem linux kita harus sudah terinstall Perl 5. kebetulan di Distro ListaX sudah ada paket Perl 5.10, jadi bagi yg menggunakan Linux ListaX ( Slackware ) bisa mencoba cara dibawah ini.Download Source Paket Webmin di http://www.perl.com/ yang ber ekstensi tar.gz, jika sudah di download, lakukan langkah berikut:
Pertama, Extraklah paket tersebut:
# gunzip webmin-1.510.tar.gz
# tar xf webmin-1.510.tar
kemudian masuklah ke Direktory Webmin
# cd webmin-1.510
Ada 2 cara untuk menginstall Webmin, yaitu :
  1. tanpa parameter :
    # ./setup.sh
Jika kita menggunakan langkah ini, source Webmin tidak boleh di hapus.
  1. dengan parameter, yaitu letak dimana folder http root berada. ( di ListaX yg menggunakan paket XAMPP berada di /opt/lamp/httdoc ), maka lakukan perintah berikut :
# ./setup.sh /opt/lamp/httdoc
Maka akan muncul sejumlah pertanyaan, untuk defaultnya, kita cukup tekan enter terus saja, tp jika tidak, kit a bs memasukkan sesuai kebutuhan kita., yang paling penting adalah Nomor Port serta password yg digunakan ( default=10000)
Jika semua pertanyaan telah selesai, kita bias mengaksesnya melalui alamat http://localhost:10000/ atau jika kita mengaktifkan fitur SSL maka kita bias mengaksesnya di alamat https://localhost:10000/ maka akan ditanyakan tentang sertifikasi SSL, pilih saja permanent lalu pilih OK.
Untuk Loginnya gunakan username “admin” serta password yg telah kita isikan td di pertanyaan saat proses instalasi Webmin., selamat mencoba…
Untuk konfigurasi Apache, MySql serta yang lainnya, tunggu tulisan selanjutnya yaaa………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar